Jenis Memori Penyimpanan Dalam Komputer

Hi guys, tekhnologi kian hari semakin maju. meningkatnya kebutuhan akan penyimpanan dibutuhkan untuk berbagai hal. khusus untuk media penyimpanan dalam komputer akan dibahas dalam artikel kali ini. 
Apa itu memori penyimpanan? 
Memori penyimpanan adalah suatu barang yang digunakan untuk menimpan data dalam suatu perangkat. dewasa ini semakin banyak jenis media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan data. 
apa sajakah itu? 
 1. Hard disk (mekanik) 
adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956.
ada dua ukuran hard disk yang digunakan dalam komputer yaitu 2,5 inchi dan 3,5 inchi. semakin canggihnya tekhnologi dan kebutuhan yang menuntut untuk perbaikan atau peningkatan baik kapasitas penyimpanan dan kecepatan dalam pemrosesan data di hard disk ini.
2. Solid State Drive - SSD
adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus, biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hierarki penyimpanan komputer.
3. M.2
4. Non-Volatile Memory Express - NVME
adalah terobosan terbaru di bidang SSD karena ia mampu menghubungkan hard drive melalui Port PCIe, yang berfungsi untuk membangun kecepatan dengan data maksimum.

Posting Komentar

0 Komentar