Analisis Usaha Kuliner

ANEKA MAKANAN DAN WISATA KULINER
YANG ADA DI KOTA KEDIRI
http://chink-chonk.blogspot .com/
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Kota kediri adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Di kota inipun kita dapat mengunjungi banyak Obyek Wisata, misalnya Goa selomangkleng, Air terjun Dolo, Kelud, dan masih banyak Obyek wisata lain yaitu dapat dikunjung.
Tak kalah lagi adalah berbagai macam makanan dan wisata kuliner yang ada di Kota Kediri. Makanan–makanan Kuliner Yang terkenal antara lain: Tahu (itu sebabnya Kediri dijuluki Kota Tahu), getuk pisang, pecel pincuk, soto kediri, Krupuk Pasir, Pecel Punten, dan masih banyak lagi.
Berbagai macam makanan Kuliner tersebut, serta Obyek – Obyek Wisata yang ada di Kota Kediri juga bisa mengangkat Devisa di Kota Kediri, terlebih lagi pada home Industri tahu, getuk pisang, dan kerupuk Pasir.
Aneka macam kart Found pun kini juga mulai banyak bertengger di kota kediri, Hal ini perlu di waspadai, karena bisa menyeret keberadaan wisata kuliner tersebut harus tetap di pertahankan, karena itu merupakan bahaya dan Obyek wisata yang penting.
Pemerintah Kota Kediri juga berperan penting dalam bidang Obyek Wisata yang ada di Kota Kediri, Perawatan Obyek Wisata, serta penyediaan tempat–tempat untuk wisata kuliner yang ada juga merupakan peran serta pemerintah dalam bidang Kepariwisataan.
1.2 Rumusan Masalah
? Apa saja Obyek Wisata yang ada di kota kediri?
? Apa saja jenis makanan kuliner yang ada di Kota Kediri?
? Apakah Obyek wisata maupun wisata Kuliner yanga ada di Kota Kediri bisa mengangkat perekonomian Kota Kediri?
? Bagaimana cara mempertahakan objek wisata dan wisata kuliner di Kota Kediri?
? Bagaimana perkembangan wisata kuliner di Kota Kediri?
? Bagaimana peran pemerintah dalam bidang kepariwisataan dan wisata kuliner?
http://chink- chonk.blogspot.com/
1.3 Tujuan
? Agar mengetahui berbagai objek wisata yang ada di Kediri.
? Agar mengetahui berbagai jenis makanan kuliner yang ada di Kota Kediri
? Agar bisa mengetahui apakah objek wisata serta wisata kuliner tersebut mampu mengangkat perekonomian Kota Kediri.
? Agar mengetahui berbagai cara
1.4 Metode dan Teknik Penelitian
? Metode penelitian : Observasi
? Teknik penelitian : Studi Pustaka

PEMBAHASAN

2.1 Berbagai Macam Objek Wisata yang ada di Kediri
Kediri juga merupakan salah satu Kota yang mempunyai banyak objek wisata. Banyaknya objek wisata ini juga bisa membantu perekonomian dan perluasan lapangan kerja. Di Kota Kediri ini tidak hanya ada objek wisata untuk hiburan saja, tetapi juga ada objek wisata yang mengandung unsur historis.
2.11. Goa Selomangleng
Goa Selomangleng merupakan salah satu objek wisata di Kediri yang mengandung unsur historis. Tetapi tidak hanya itu, Goa Selomangleng ini juga terdapat kolam renang dan taman hiburan bagi yang berkunjung ke tempat wisata ini. Dan yang tak kalah lagi, disebelah timur Goa Selomangleng ini terdapat petilasan Bonedodno, dan di selatan Goa ada Museum Airlangga.
2.1.2. Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo berada di daerah Besuki, Kabupaten Kediri, Kecamatan Semen. Merupakan objek wisata yang nyaman untuk keluarga, dengan pemandangan air terjun dan udara yang segar dan sejuk.
2.1.3. Objek Wisata Kelud
Objek Wisata Kelud merupakan salah satu objek terkenal yang ada di Kediri, belum lagi terdapat fenomena baru, yakni ”Anak Gunung Kelud”. Di objek wisata Kelud juga terdapat tempat wisata keluarga dan juga tempat untuk beroutbond bersama keluarga.
2.1.4. Museum Airlangga
Museum Airlangga juga merupakan objek wisata yang berunsur historis. Di museum ini terdapat benda-benda bersejarah di Kota Kediri.

2.1.5. Pagora dan Kuak
Pagora dan Kuak adalah tempat rekreasi keluarga dan terdapat kolam renang, serta ada juga taman bermain anak-anak dan ada juga tempat menjual makanan.

2.2 Berbagai Jenis Makanan Kuliner yang ada di Kota Kediri
Kota Kediri dikenal sebagai Kota Tahu, karena tahu merupakan oleh-oleh yang paling terkenal dari Kota Kediri. Selain tahu, masih banyak makanan kuliner lain yang ada di Kota Kediri misalnya, getuk pisang, pecel pincuk, Soto Kediri, Krupuk Pasir, pecel punten.
2.2.1.Tahu
Tahu merupakan makanan kuliner yang paling terkenal di Kota Kediri. Ada berbagai macam tahu yang dijual yaitu, tahu taqwa, tahu kuning, tahu pong, dan stick tahu.
2.2.2. Getuk Pisang
Getuk pisang ini juga merupakan salah satu makanan kuliner yang cukup terkenal di Kota Kediri ini. Berbeda dengan tahu, getuk pisang ini banyak diproduksi di jalan Patimura.
2.2.3. Pecel Pincuk
Pecel pincuk di Kota Kediri ini bisa dibilang berbeda dengan makanan kuliner lainnya. Pecel pincuk di Kota Kediri rata-rata baru ada saat malam saja. Dan tidak hanya menjual pecel, sambal tumpangnya juga tersedia dan juga berbagai lauk pauk. Pecel pincuk yang terkenal di Kediri adalah di sepanjang pinggiran/trotoar jalan Dhoho. Dan yang paling ramai atau dibilang paling laris berada di depan toko Pudakit Indah.
2.2.4. Soto Kediri
Ada dua tempat Soto Kediri yang terkenal di Kota Kediri. Satu bertempat di jalan Dhoho dan yang lainnya di terminal Tamanan. Soto di jalan Dhoho ini bernama Soto Podjok, karena memang letaknya di pojokan jalan. Soto podjok ini memang cukup terkenal di kota lain, bahkan pernah ada juga artis ibukota yang pernah makan di depot soto podjok yang berada di jalan Dhoho ini.
2.2.5. Krupuk Pasir
Krupuk pasir ini cukup unik pembuatannya, dengan berbahan kanji, serta bumbu utama bahan yaitu bawang. Ada juga krupuk pasir yang berasa manis, manis pedas. Tempat penjualan krupuk pasir ini juga ada di tempat pusat oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan Yos. Sudarso.

2.3 Dampak Adanya Objek Wisata dan Makanan Kuliner yang ada di Kota Kediri
Menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian rakyat, dan menambah devisa Kota Kediri. Jadi adanya objek wisata dan wisata kuliner itu sangat berguna bagi Kota Kediri ini.
2.3.1. Menambah Lapangan Kerja
Ada dan banyaknya objek wisata dan makanan kuliner bisa menambah lapangan kerja di Kediri dan bisa mengurangi pengangguran. Salah satunya adalah membuka kios atau dagangan di objek wisata tersebut baik dari cindera mata atau makanan-makanan kuliner tersebut.
2.3.2. Peningkatan Perekonomian Warga
Dengan adanya penambahan lapangan kerja tersebut dengan otomatis perekonomian warga juga mengalami peningkatan. Dan dengan hal tersebut devisa Kota Kediri juga meningkat.
http://chink-ch onk.blogspot.com/
2.4 Berbagai Cara untuk Mempertahankan Wisata Kuliner di Kediri
Wisata kuliner adalah salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan. Adanya makanan-makanan cepat saji memprihatinkan tergesernya kegemaran untuk mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji tersebut. Sebagai warga Kota Kediri kita harus tetap mempertahankan makanan kuliner tersebut. Karena apabila dibandingkan makanan cepat saji, makanan-makanan kuliner itu jauh lebih sehat. Oleh sebab itu kita sebagai warga Kota Kediri sedari dululah yang harus tetap menjaga wisata kuliner tersebut.
2.4.1. Tetap Mengkonsumsi Makanan Kuliner Tersebut.
Dengan tetap mengkonsumsi makanan kuliner di Kediri adalah salah satu cara termudah untuk tetap mempertahankan dan tetap eksisnya wisata kuliner di Kota Kediri. Dan yang tidak kalah penting adalah tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan fast-food daripada makanan-makanan kuliner. Selain daripada makanan fast food yang hanya begitu-begitu saja, makanan kuliner di Kediri adalah jauh lebih banyak varian. Maka dari itu kita harus bangga dengan kuliner lokal yang ada.

2.5 Ketenaran Wisata Kuliner di Kediri cukup Terkenal diberbagai Kota-Kota Besar
Ketenaran atau keterkenalan wisata kuliner juga merupakan hal penting, karena semakin terkenalnya wisata kuliner yang ada di Kota Kediri akan membuat banyak wisatawan lokal atau interlokal membeli dan mengkonsumsi makanan-makanan kuliner yang ada. Hal tersebut juga akan memperbanyak jumlah produksi, dengan bertambahnya produksi, maka bisa meningkatkan lapangan kerja, dan juga perekonomian kota.
2.5.1. Banyaknya Pembeli Makanan Kuliner di Pusat Oleh-Oleh di Kediri
Wisata kuliner di Kota Kediri ternyata cukup terkenal di kota-kota lain. Hal ini terbukti pada ramainya pusat oleh-oleh yang ada di Kota Kediri yakni pada sepanjang jalan Yos Sudarso dan jalan Patimura, terlebih lagi pada saat hari libur. Pusat oleh-oleh tersebut ramai oleh mobil-mobil berplat nomor luar kota. Sebut saja yang berplat nomor L atau Surabaya yang biasanya memenuhi jalan Yos Sudarso, adapun dari kota besar lain seperti Solo, Yogyakarta, bahkan juga ada dari Ibukota negara yaitu Jakarta. Tidak kalah lagi adalah soto Kediri, terutama soto podjok Kediri. Salah satu depot yang menjual makanan Soto Khas Kediri kerap ramai pembeli dari wisatawan lokal maupun interlokal. Bahkan wisatawan mancanegarapun tak luput untuk mencicipi makanan khas Kediri yang sudah terkenal ini.

2.6 Peran Pemerintah di Bidang Wisata Kuliner di Kota Kediri
Pemerintah juga turut berperan penting dalam perkembangan objek wisata maupun wisata kuliner yang ada. Karena dengan bantuan pemerintah, objek wisata maupun wisata kuliner di Kota Kediri menjadi semakin maju dan terkenal.
2.6.1. Penyediaan Tempat untuk Pedagang Wisata Kuliner di Kediri
Salah satu peran pemerintah di bidang wisata kuliner adalah penyediaan tempat-tempat oleh-oleh khas makanan Kediri dan hal itu memudahkan para wisatawan untuk memperoleh atau membeli makanan wisata kuliner yang ada di Kota Kediri.

http://chi nk-chonk.blogspot.com/
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kediri memiliki berbagai tempat wisata, antara lain: Goa Selomangleng, Air Terjun Dolo, Kelud, Pagora dan Kuak, dan masih banyak lagi. Julukan Kediri adalah Kota Tahu, karena sangat terkenal dengan wisata kuliner khasnya, yaitu tahu. Tetapi tak hanya tahu, kota Kediri juga memiliki banyak makanan kuliner, yaitu: Getuk pisang, pecel picuk, soto Kediri, krupuk pasir, dan masih ada yang lain. Jadi selain objek wisata, Kota Kediri juga memiliki banyak wisata kuliner.
Adanya objek wisata dan wisata kuliner juga sangat berpengaruh pada lapangan kerja, dan peningkatan perekonomian warga maupun kota. Oleh sebab itu objek wisata dan wisata kuliner harus dipertahankan dan dilestarikan agar meningkatkan pembangunan kota. Terutama pada wisata kuliner adalah yang harus dipertahankan, akrena merupakan ciri khas suatu daerah.
Objek wisata, maupun wisata kuliner di Kota Kediri ternyata cukup terkenal. Banyak wisatawan lokal maupun interlokal bahkan wisatawan mancanegara berkunjung dan mencicipi hidangan kuliner yang ada di Kota Kediri. Hal tersebut juga didukung dengan adanya bantuan pemerintah dengan menyediakan tempat pusat oleh-oleh wisata kuliner khas Kediri.

3.2 Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas objek wisata maupun wisata kuliner di Kota Kediri harus dilestarikan, dan dipertahankan. Karena sangat dapat membantu pembangunan dan menambah perekonomian yang ada. Jadi kita harus menjaga itu semua, terlebih lagi warga asli Kediri.

Posting Komentar

0 Komentar