Analisis Kewirausahaan Penetasan Telur Bebek

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
 http://chink-chonk.b logspot.com/

Makalah ini kami susun karena tugas oleh dosen pengampu mata kuliah Manajemen Bisnis. Karena ini merupakan syarat untuk lulus dari mata kuliah tersebut.

Makalah dengan judul “ Usaha Penetasan Telur Bebek Suka Makmur“ kami ambil berdasarkan kesepakatan kelompok kami mengenai tugas yang diberikan. Judul ini kami ambil juga untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak lain yang tertarik dengan usaha tersebut. .
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. .
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih. .

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah 1
  2. Identifikasi Masalah 1
  3. Pembatasan Masalah. 2
  4. Perumusan Masalah. 2

BAB II PEMBAHASAN
  1. Cara Pemilihan Telur Bebek Yang Baik Untuk Penetasan 3
  2. Teknik Penetasan Yang Baik 4
  3. Cara Memasarkan Hasil Tetasan. 6
  4. Estimasi Biaya Bisnis. 6

BAB III PENUTUP
KESIMPULAN 7
DAFTAR GAMBAR 8
DAFTAR PUSTAKA. 9

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Saat menuju era globalisasi seperti sekarang ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan peluang kerja yang telah ada karena lapangan pekerjaan yang telah ada belumlah mampu untuk mengatasi jumlah pengangguran yang sangat besar jumlahnya. Oleh sebab itu seyogyanya kita dapat menciptakan peluang usaha tersebut.
Sebenarnya ada banyak peluang usah yang dapat kita lakukan tergantung minat, kemampuan, dan peluang kita untuk masuk dunia tersebut. Untuk memulai usaha kita harus berusaha sebaik mungkin karena telah banyak individu atau bahkan perusahaan yang telah merambah peluang usaha tersebut.

Untuk memulai sebuah usaha kita dihadapkan banyak sekali pertimbangan- pertimbangan yang memang harus kita fikirkan terlebih dahulu, sebab pasti aka nada sesuatu yang memang tidak kita inginkan dan kadangkala hal itu bisa menyulitkan usaha kita untuk maju.

B. Identifikasi Masalah

Sesuai dengan judul yang kami angkat yaitu” Usaha Penetasan Telur Bebek Suka Makmur” maka kami akan mengulas lebih lanjut tentang usaha tersebut.
Jadi yang akan kami ulas dalam makalah ini meliputi:
  1. Teknik Pemilihan Telur Yang Baik Untuk Ditetaskan.
  2. Teknik untuk menetaskan telur tersebut.
  3. Cara menjual hasil tersebut.
C. Pembatasan Masalah.

Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah cara memilih telur yang baik, cara menetaskannya, sampai menjual hasil tetasan.

D. Perumusan Masalah.

Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
  1. Bagaimana deskripsi pemilihan telur yang baik untuk ditetaskan?
  2. Bagaimana deskripsi cara agar penetasan tersebut berjalan sesuai yang diinginkan?
  3. Bagaimana cara memasarkan hasil tetasan yang telah selesai ditetasan?
BAB II
PEMBAHASAN

Penetasan telur bebek sanganlah penting untuk menghasilkan bibit bebek yang kelak akan dikembangkan lagi.
Adapun yang ingin diulas dalam makalah ini adalah: Cara Pemilihan Telur Bebek Yang Baik Untuk Penetasan, Teknik Penetasan Yang Baik, Cara Memasarkan Hasil Tetasan. Estimasi Biaya Bisnis.
  1. Cara Pemilihan Telur Bebek Yang Baik Untuk Penetasan
Untuk teknik pemilihan telur bebek sebaiknya kita memahami hal-hal berikut:
  1. Asal Muasal telur
  2. Tempat bebek itu bertelur
  3. Bentuk fisik telur tersebut.
Penjelasan hal-hal diatas.
  1. Asal muasal telur
Maksud asal muasl telur, kita harus tau kualitas bebek yang menghasilkan telur itu karena hal ini berpengaruh pada hasil yang akan ditetaskan.
Hal yang perlu diperhatikan adalah pakan ternak bebek itu sendiri, vitamin- vitamin pendukung, serta lama bebek itu mengeluarkan telur.
http://chink-cho nk.blogspot.com/
  1. Pakan ternak bebek
Untuk pakan ternak bebek kita harus tau kualitas pakan apakah terjamin gizinya atau tidak, banyak pakan yang diberikan.
  1. Vitamin-vitamin pendukung.
Biasanya untuk hal ini semua bebek petelur sudah mendapatkannya karena berpengaruh pada kualitas dan kuantitas telur yang dihasilkan.
  1. Lama babek itu mengeluarkan telur.
Maksudnya lama bebek itu bertelur, apakah baru saja bertelur atau sudah lama bertelur, karena telur yang dikeluarkan oleh bebek yang baru saja mulai bertelur telurnya kurang bagus, selain lebih kecil juga banyak yang tidak jadi jika ditetaskan.
  1. Tempat bebek bertelur.
Untuk hal ini kita harus tau karena telur yang bisa ditetaskan hanya telur yang saat dikeluarkan tidak kena air walau pun hanya sedikit. Jadi kita harus tau hal ini supaya dapat telur yang bagus.
http://ch ink-chonk.blogspot.com/
  1. Bentuk fisik telur tersebut.
Cangkang telur dipilih yang tidak terlalu tebal karena akan sulit untuk pecah saat akan menetas. Cangkang yang terlalu tipis juga tidak layak untuk dipilih. Pilih telur yang oval tetapi jangan terlalu lonjong atau bulat.
Tetapi kita juga harus tau lama rentang bebek itu bertelur dengan saat kita ambil untuk ditetaskan. Biasanya ada juga yang menerawang telur itu, karena telur yang sudah agak lama dan telur yang sudah pernah mengalami penetasan tetapi tidak jadi itu ada seperti kotoran yang didalamnya. Tetapi untuk telur yang baru dan bagus untuk ditetaskan itu bening.
  1. Teknik Penetasan Yang Baik
  1. Alat Penetas
Penetasan telur umumnya pada saat itu masih menggunakan bantuan entok, Karena bebek tidak mau mengerami telurnya. Tetapi untuk saat ini telah ada alat penetasan yang gampang untuk dibuat sendiri atau beli yang sudah jadi. Alat penetasan telur/incubator  tersebut dinamakan “lemari model Akhyar” lihat gambar No. 01.
Dalam usaha penetasan telur, penggunaan lemari Akhyar tersebut tidak serta merta membuat telur lebih cepat menetas, namun hanya membantu kemudahan dan kepraktisan sehingga lebih ekonomis. Proses penetasan tetap memakan waktu selama 28 hari, layaknya pengeraman dengan bantuan entok. Cara ini terbilang lebih ekonomis , karena penetasan meri tidak perlu memilki entok untuk mengerami yang pastinya membutuhkan lahan yang cukup luas. Selain bisa dilakukan diruang terbatas, dengan penggunaan alat tersebut membuat usaha ini tidak menghasilkan limbah apapun.
Lemari model Akhyar juga bisa dibuat sendiri oleh penetas meri, karena bahan dan modelnya sangat sederhana. Lemari tersebut terbuat dari bahan kayu dan triplek. Modelnya seperti lemari pakaian biasa ukuran 1 x 1 x 2 m, dengan beberapa susunan sekat/rak dari triplek beralas Koran, memiliki kaca dibagian depan agar bisa terus dipantau keadaan telurnya.
http://chink-chon k.blogspot.com/
  1. Proses Penetasan Meri
Pada proses penetasan saat ini masih dilakukan dalam 2 cara, yakni penggunaan alat yang pemanasnya dari lampu minyak dan pemanas dari listrik/kumparan/lampu. Kedua cara tersebut memilki kelebihan dan kekurangan. Misalnya pemanas dengan listrik/ kumparan memilki kelebihan, yakni tidak mengeluarkan asap hitam sehingga alat tetap bersih. Karena tergantung listrik, jadi jika terjadi mati lampu maka bisa menganggu penetasan. Sedangkan dengan cara sederhana, yakni dengan lampu minyak memang akan mengeluarkan sedikit asap hitam, namun tidak terganggu jika terjadi mati lampu.
Pada rak tingkat pertama yang berada 20 cm dari dasar lantai, terdapat wadah berbentuk Loyang kotak kue dari kaleng sebagai wadah air. Dan ruang kosong paling bawah jarak 20 cm dari dasar lantai ditempatkan sebuah lampu minyak untuk menjaga suhu agar tetap stabil di 100F dan menjaga kelembaban dengan terciptanya uap air dari air yang dipanaskan. Karena penetasan membutuhkan uap panas lembab, bukan panas kering. Pemanasan dengan lampu minyak memang yang paling cocok, karena harus dilakukan terus sampai telur menetas. Jika menggunakan lampu listrik, tidak baik karena suka berbahaya jika sedang mati lampu sehingga pembentukan meri menjadi tidak sempurna. Hal tersebut menyebabkan bentuk tubuh meri tidak sempurna.
http://chink-chon k.blogspot.com/
Dengan kapasitas lemari Akhyar 800 butir telur bebek, penetas bisa mendapat untung bersih sampai Rp.400 ribu samapi menetas. Karena biaya hanya untuk bahan bakar minyak sekitar 10 liter selama 28 hari. Biaya produksi terbilang cukup sedikit karena tidak perlu pakan dan tempat yang luas.
Tahap tahap penetasan telur dengan memasukkan telur itu kedalam lemari penetas dan kemudian kita mengecek dan membalik telur tersebut dua kali sehari. Pada saat test fertilitas, maka hanya telur yang ada bintik hitam dan jalur jalur darah yang halus yang akan terus di tetaskan. Tetapi singkirkan telur telur yang ada pita darahnya, tidak ada perubahan (tetap tidak ada perkembangan), ada blok kehitaman karena mati atau seperti contoh pada gambar No. 02.
Apabila karena kurang pengalaman atau karena ragu ragu seperti missal menurut pengalaman kami perkembangan embrio kadang tidak terlihat jelas di bagian pinggir telur karena perkembangannya ada di tengah telur. Keadaan ini akan tampak seakan akan telur tidak berkembang tetpi nyatanya berkembang dengan baik. Dalam kasus tersebut maka hal yang bijaksana adalah dengan mengembalikan telur telur tersebut kedalam lemari penetasan dan test kembali pada hari ke 10 atau 14 misalnya. Jika ternyata berkembang maka telur terus di tetaskan tetapi bila tidak maka harus dibuang.
http://chink-chonk. blogspot.com/
Untuk membedakan meri jantan dan betina, meri yang jantan pada duburnya terdapat tonjolan, sedangkan yang betina tidak. Selain itu bulu meri jantan lebih kasar dari betina. Meri yang baru menetas, bisa diberi vaksin Vitachick agar tahan penyakit, namun bisa pula tidak diberi vaksin. Untuk pencegahan penyakit juga bisa diberikan rajangan daun mengkudu sebulan sekali.
Meri yang baru menetas biasanya hanya ditempatkan di keranjang dari kawat ram ukuran 1 x 2 m, yang dilapisi kain. Dan bila akan dibawa dalam perjalanan meri tak perlu diberi perlakuan apapun, cukup ditempatkan pada box kardus ukuran 25 x 25 cm atau tas rinjing biasa.
  1. Cara Memasarkan Hasil Tetasan.
Untuk cara pemasaran, dalam usaha yang kami survey, tempat tersebut tidak kehabisan permintaan karena biasanya telur yang masih dalam proses penetasan sudah dipesan oleh pihak lain baik dalam skala kecil atau pun besar baik untuk dibesarkan orang – orang disekitar tempat penetasan atau pun untuk dijual kembali di daerah lain. Jadi untuk pemasaran kita tidak perlu khawatir karena hasil penatasan akan mudah sekali untuk pemasarannya. http://chink-chonk .blogspot.com/
  1. Estimasi Biaya Bisnis.
Meskipun ini adalah hitung-hitungan kasar tetapi bisa dipergunakan untuk menganalisa gambaran usaha penetasan telur itik ini. Diasumsikan kita akan menetaskan telur itik sejumlah 100 butir. Telur itik akan menetas dalam waktu 28 hari.
Biaya Yang dikeluarkan:
100 butir telur @Rp 1000 = Rp 100.000
Listrik 28 Hari = Ro 15.000
Operasional = Rp 15.000
Total Pengeluaran = Rp 130.000
Hasil Yang diperoleh:
DOD Menetas diasumsikan 75% atau 75 ekor anakan itik (DOD) dari 75 ekor tersebut 38 Betina dan 37 Jantan.
38 ekor DOD Betina @Rp 5000 = Rp 190.000
37 ekor DOD Jantan @Rp 1500 = Rp 55.500
Total hasil = Rp 245.500
Keuntungan yang diperoleh dari 100 butir telur itik selama sebulan Rp 245.500 – 130.000 = Rp 115.500.
DOD Day Old Duck) betina biasanya dihargai sampai lima kali harga telur. Sedangkan untuk DOD jantan dihargai sama atau maksimal dua kali harga telur yang belum menetas.”
 
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Usaha Penetasan Telur Bebek” dapat disimpulkan bahwa :
1. Usaha tersebut berpeluang sangat baik.
2. Mudah dan lumayan sedikit modal yang diperlukan untuk penetasan.
3. Mudah dan lumayan menguntungkan dalam pemasarannya.

DAFTAR PUSTAKA

Tips Memilih Telur Tetas. 2009 Winaducks.blogspot.com
Teknik Penetasan Telur Bebek yang Baik. 2009 Infobisnisukm.wordpress.com
http://chink- chonk.blogspot.com/

Posting Komentar

0 Komentar